Minggu, 10 April 2011

Nilai-Nilai Budaya Yang Terlupakan Kaitannya Dengan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Menutup tahun 2009, satu lagi budaya asli negeri ini, keris, mendapat pengakuan di mata dunia. Para pecinta keris di Indonesia pun patut lega dan berbangga. Sebab, keris kini sudah diakui sebagai warisan atau pusaka budaya dunia oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Keris diakui sebagai sebuah karya yang tidak saja indah wujudnya tapi juga memiliki makna filosofis tinggi tentang kehidupan manusia.

Sepintas hal tersebut tidak berdampak besar bagi kehidupan kita secara langsung. Toh, tanpa keris pun kita juga masih bisa hidup. Tapi tanpa kita sadari, hal sekecil itu sudah menggerogoti akar kebudayaan kita. Karena pemikiran apatis sekecil apa pun akan berdampak besar bila melanda sekian juta penduduk negeri ini. Lantas apa yang bisa terjadi ? Sudah bisa ditebak, sekian juta kepala kelak akan lupa pada kebudayaannya sendiri.

Dan bisakah kita melihat akar-akar kebudayaan sendiri lapuk sementara jutaan bibit kebudayaan asing tumbuh liar di ladang tempat kita berbudaya? Diakui atau tidak, kecintaan terhadap budaya sendiri sudah mulai pudar.

Diera sekarang hanya ada beberapa orang yang coba melestarikannya, itu juga kebanyakan Orang tua, lah anak mudanya sendiri lebih memilih terus mengupdate teknologi-teknologi baru Misal lebih memilih membeli Handphone terbaru, laptop terbaru, atau bersaing di situs-situs jejaring sosial, dll , memang kita juga harus terbuka dengan teknolgi , tetapi kita juga jangan melupakan salah satu kebudayaan besar Indonesia ini.Kita harus tetap melestarikannya.

sumber : google (http://panjianggorosutejo.blogspot.com/2011/04/nilai-nilai-budaya-yang-terlupakan.html)

1 komentar:

  1. teman jangan lupa yah masukin link gunadarma. Sekarang kan sudah mulai softskill, sebagai salah satu mahasiswa gunadarma ayo donk masukin link gunadarmanya.
    di cek ya studentsitenya ada pengumumannya lho... :)
    www.studentsite.gunadarma.ac.id

    BalasHapus