Sabtu, 25 Desember 2010

Ilmu pengetahuan, teknologi, dan kemiskinan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau yang biasa disebut IPTEK, merupakan sebuah ilmu yang membahasa tentang pengetahuan dan teknologi yang ada di dunia. Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana suatu masyarakat tidak mengetahui ilmu pengetahuan dalam dirinya shingga mereka tidak memiliki sifat dasar rajin dan hemat.
IPTEK memiliki hubungan yang sangat erat dengan kemiskinan pada saat ini. Di era globalisai ini pun IPTEK semakin meningkat sedangkan kemiskinan semakin merajalela. IPTEK yang semakin berkembang hanya bisa dirasakan oleh orang-orang yang memiliki uang yang cukup. Ini sangat miris apabila dihubungkan dengan orang-orang yang berada di bawah garis kemiskinan. Mereka tidak dapat merasakan IPTEK yang semakin berkembang.
Bagaimana mengatasi hal ini bagi setiap orang-orang miskin? Mereka hanya perlu berusaha kuat agar tidak ketinggalan informasi tengan pengetahuan dan teknologi. Banyak usaha yang dapat mereka lakukan, mereka mungkin bisa menumpang menonton televisi di rumah tetangga mereka. Hal ini tidaklah sulit asalkan mau berusaha untuk mendapatkan IPTEK yang terbaru. Perlu diingatkan hal ini harus dilakukan dengan cara yang halal.
Apabila hal yang di atas dilakukan, maka kemiskinan tidak perlu ditakutkan lagi dengan hubungannya dengan IPTEK. Sesungguhnya yang sangat berpengaruh besar bukanlah IPTEK, tetapi pola pikir pejabat-pejabat tinggi yang sering melakukan korupsi. Bayangkan bila dana-dana tersebur dialirkan untuk membantu para orang-orang miskin dalam menjalankan kehidupannya. Jika semakin cepat dikerjakan maka fasilitas IPTEK kepada orang-orang miskin agar segera terpecahkan.
Jadi, IPTEK akan memicu seseorang keluar dari kebiasaan yang lam menjadi hal yang baru bagi dirinya. Hal ini perlu diterapkan kepada faktor kemiskinan sehingga orang tersebut tidak lagi terjauhi dari informasi pengetahuan dan teknologi yang berlaku. 

Sumber : google (http://nsatrio.blogspot.com/2010/03/pengaruh-iptek-dan-kemiskinan.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar